Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, January 25, 2012

MENGENALI STROKE :

MENGENALI STROKE :

Pada suatu pesta, seorang teman saya, Vera tiba2 tersandung & jatuh. Ia meyakinkan semua orang bahwa dia baik2 saja, hanya tersandung batu krn sepatu yang baru.

Vera terus bersenang2 sepanjang mlm. Bbrp waktu berselang, suaminya menelpon bahwa isterinya dibawa ke RS. Dan Jam 6 pagi meninggal. Ia terkena serangan stroke saat pesta. Kalau saja di antara mrk ada yg tahu bgmn mengenali stroke, kemungkinan Vera msh bisa hidup.

Seorg Neurolog menyatakan bahwa penderita stroke dlm 3 jam pertama serangan dpt sembuh total sama sekali. Jika dpt dgn cpt mengenali gejala, mendiagnosa & membawa pasien u/ pengobatan ahli sesegera mungkin. Jgn lewat dari 3 jam, krn kalau tdk akan terjadi kerusakan permanen.

MENGENALI STROKE :
Ingat 3 langkah 'STR'. para dkter menyatakan org terdekat dpt mengenali stroke dgn menanyakan 3 pertanyaan sederhana :

- S: SMILE. Minta penderita u/ tersenyum. Kalo pipi miring, maka ada kelumpuhan saraf.

- T : TALK. Minta org tsb utk berbicara kalimat singkat (mis: Hari ini cerah, atau apa saja). Kalau omongannya pelo, ini gejala stroke.

- R : Minta dia utk RAISE BOTH ARMS (Mengangkat kedua lengan). Kalau tdk bisa mengangkat artinya ada kelumpuhan akibat stroke.
Jgn terlambat panggil ambulans. Jika ada salah satu dari gangguan utk melakukan STR, segera panggil ambulans & ceritakan keadaan ini kpd petugas.

Cara lain utk mengenali stroke adalah : Minta org tsb menjulurkan lidahnya. Jika lidah "bengkok", menyimpang ke satu arah, ini jg merupakan suatu tanda dr stroke.
jika Anda dpt mengirimkan email ini kpd sedikitnya 10 org, maka paling tidak ada 1 nyawa yg dpt diselamatkan.

Percayalah ini bekerja. Tak ada org yg tahu dia akan terkena stroke suatu hari nanti. jadikan ini pengetahuan utk suatu hari nanti jika ada yang membutuhkan....mudah 2an bermanfaat
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment